Desain Ruang Mushola bagi keluarga

Desain Ruang Mushola bagi keluarga – Sholat lima waktu merupakan tiang agama untuk melakukan sholat memang tidak dibutuhkan tempat yang khusus tetapi tempatnya harus dalam kondisi bersih dan suci. Keberadaan ruang sholat atau Mushola di rumah anda akan menambahkan kekhusu’an dalam beribadah, didalam ruang sholat anda juga dapat mengaji ataupun mengajarkan anak anda untuk mengaji dan ataupun mengadakan tadarusan bersama keluarga, di ruang sholat kita anda bisa melakukan sholat berjamah bersama keluarga.

desain mushola rumah minimalis - Desain Ruang Mushola bagi keluarga

Musholla di dalam rumah ada beberapa  aspek  ada beberapa unsur yang harus diperhatikan.

  1. Pencahayaan yang ada di dalam musholla sebaiknya mendapatkan cahaya alami untuk mengurangi kelembaban ruangan dan efesiensi dalam penggunaan energi listrik. Jangan sampai cahaya kurang dan gelap
  2. Sirkulasi udara yang baik diperlukanuntuk mencegah Mushola yang ada dirumah anda tidak pengap, dengan sirkulasi udara yang baik membuat keluar  dan masuk udara menjadi lancar mendapatkan udara yang sejuk hingga membuat kita beribadah menjadi nyaman.
  3. Untuk mempercantik Mushola pemilihan warna yang tepat, pilihlah warna yang melambangkan ketenangan jiwa seperti warna putih, krem ataupun hijau.

Desain dan ukuran Mushola Keluarga

desain mushola rumah keluarga - Desain Ruang Mushola bagi keluarga

Desain dan ukuran yang memadai untuk Mushola sehingga nyaman untuk beribadah. Bukan hal yang mudah dengan lahan yang terbatas dapat diperhatikan beberapa tips untuk mendesain agar terciptanya Mushola dambaan keluaraga di rumah anda.

  1. Penempatan Mushola Keluarga

Mushola keluarga dapat ditempatkan di dalam maupun di luar rumah. Mushola yang berada diluar rumah dalam penataannya tidak begitu bersinggungan dengan ruangan lainnya akan lebih mudah di desain dan mengarahkan arah kiblat.

  1. Ukuran/Luas Ruang Mushola Keluarga

Dengan keterbatasan lahan yang anda miliki, untuk menentukan ukuran ruang Mushola dengan cara mengukur ukuran sejadah untuk orang dewasa untuk mengukur berapa berapa luas lahan yang anda dibutuhkan.

  1. Arah Mushola Keluarga

Bukan perkara mudah untuk membuat Mushola yang berada di dalam untuk menghadap kiblat, bila Mushola tidak menghadap kiblat cukup anda saja yang mengarahkan sholatnya ke arah kiblat. Tetapi bila Mushola anda berada diluar rumah sangat mudah karena tidak berhubungan dengan ruangan yang lain.

  1. Lantai, Dinding, dan Atap Mushola

Lantai untuk Mushola sebaiknya lebih tinggi dari lantai di sekitarnya  terutama tempat wudhu dan kamar mandi letak pintunya berdekatan.

desain ruang musholla rumah dekat dapur - Desain Ruang Mushola bagi keluarga

Warna dinding sebaiknya menggunakan warna yang nyaman dan enak di pandang mata. Atap dari Mushola sebaiknya di usahakan berukuran tinggi akan terkesan luas dan lapang. Lantai, karpet dan sajadah serta alas sholat lainnya dapat usahakan selalu dapat keadaan kering agar tidak bau.

  1. Dekorasi Mushola Keluarga

Menempelkan dekorasi ada Mushola jangan berlebih  bila berlebihan membuat anda kurang nyaman, cukup dengan menempelkan kaligrafi tulisan Allah dan Muhammad  ataupun juga dengan memasang gambar Ka’bah.

  1. Tempat Wudu dan Kamar Mandi/WC

Sebaiknya Mushola keluaraga mempunyai tempat untuk berwudhu dan kamar mandi.

Tetapi sebaiknya cipratan air wudu tidak mengenai tempat shalat agar najis tidak berpindah dari kamar mandi/WC ke dalam ruang shalat.