Panduan Membuat Kolam Ikan Hias Koi

Panduan Membuat Kolam Ikan Hias Koi – Merealisasikan impian membuat kolam ikan hias koi bukan hal yang mudah, sebab ada langkah-langkah yang harus dipahami, yaitu untuk mendapatkan kolam yang indah dan menjadi salah satu daya tarik dari bagian luar rumah Anda.

Dikarenakan jenis ikan koi ini memiliki gerakan yang gesit dan lincah, maka dari itu kolam yang dibuat harus mendukungnya agar membawa keberuntungan. Umumnya kolam hias ikan koi ini dibuat dilahan yang mendapat sinar matahari langsung. Sebab ikan koi lebih suka kehangatan untuk menjaga sisiknya tetap indah. Lantas, bagaimana cara membuat kolam ikan hias koi ini? Berikut ini panduan membuat kolam hias ikan koi yang bisa Anda terapkan.

kolam ikan hias koi sederhana - Panduan Membuat Kolam Ikan Hias Koi

Beberapa hal penting yang harus diperhatikan ketika membuat kolam ikan hias koi

Memilih lokasi

Sebelum Anda memutuskan untuk membuat kolam ikan hias koi, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah memilih lokasi. Lokasi tempat membuat kolam ikan hias koi dibagi menjadi dua, yaitu outdoor dan indoor. Untuk kolam yang outdoor, yaitu kolam yang dibuat diluar ruangan atau rumah. Sedangkan indoor, merupakan jenis kolam yang lokasinya didalam ruangan. Oleh karena itu, bila Anda membuat kolam ikan yang ada diluar ruangan akan mendapat sinar matahari yang cukup banyak, tetapi mudah kotor. Untuk itu perlu teknik yang jitu agar tidak kotor dan suhu kolam tidak terlalu panas.

Perancangan desain kolam

Mendesain kolam ikan hias koi ada tiga panduan yang bisa diterapkan, yaitu membuat bentuk persegi, elips dan bebas. Untuk bentuk kolam hias yang persegi sangat sesuai dengan rumah minimalis. Sebab gaya kolam persegi ini formal, sehingga sesuai dengan konsep rumah minimalis yang mempunyai lahan tidak begitu luas. Sementara itu, untuk kolam ikan hias koi yang berbentuk elips, paling cocok untuk desain rumah mewah dan elegan. Sedangkan bentuk bebas, sesuai dengan konsep rumah penginapan.

Merancang sistem filterasi

Untuk menjaga kebersihan dan menghasilkan oksigen dalam kolam ikan hias koi adalah dengan merancang sistem filterasi. Pasalnya dalam pembuatan kolam ikan hias koi harus dilegkapi saluran filterasi, yaitu untuk saluran air bersih dan kotor. Saluran air bersih yang dibuat ini untuk mengelola filter air kembali ke kolam. Sedangkan untuk saluran kotor difungsikan sebagai kotoran dan menyedot air.

Itulah tadi inspirasi panduan membuat desain kolam ikan hias koi yang bisa kami bagikan pada Anda. Barangkali Anda ingin membuat kolam ikan hias koi di rumah Anda, maka bisa segera direalisasikan keinginannya. Semoga informasi tadi yang kami bagikan bisa menjadi referensi buat Anda.